PIVOT TABLE

PENGERTIAN

Pivot Table adalah perangkat khusus di Microsoft Excel yang berfungsi untuk memberikan perspektif terhadap data yang kita miliki. Pivot Table memungkinkan kita untuk membuat tampilan interaktif dari data. Tampilan interaktif ini disebut sebagai Pivot Table Report. Dengan perangkat ini, kita dengan mudah dan cepat menggolongkan data dalam kelompok-kelompok tertentu.

STRUKTUR PIVOT

Struktur dasar sebuah Pivot Table disusun dari empat bagian berikut:
  1. Values
  2. Row
  3. Column
  4. Filter

PERSIAPAN PEMBUATAN PIVOT

Persiapan untuk Membuat Pivot Table Untuk membuat sebuah pivot table, kita membutuhkan sebuah sumber data. Sumber data yang tepat untuk menghasilkan sebuah pivot table harus dibuat dengan tata letak tabular. 
Atribut-atribut yang menunjukkan tata letak tabular yang efektif adalah:
  1. Baris pertama berisikan label judul
  2. Tiap kolom merepresentasikan kategori data yang unik
  3. Tiap baris merepresentasikan item untuk tiap kolom
  4. Tidak ada baris ataupun kolom yang kosong




Komentar

Postingan populer dari blog ini